Ad Code

Responsive Advertisement

Manfaat Blog Dan Bahkan Bisa Menghasilkan Dollar Yang Mungkin Tidak Anda Sadari


Manfaat blog atau ngeblog yang perlu Anda ketahui | Blog atau web blog menjadi salah satu tempat untuk menuangkan opini yang cukup efektif saat ini, selain itu aktivitas ngeblog juga memiliki banyak sekali manfaat lainnya. Mulai dari menambah pengetahuan hingga menambah penghasilan.

Pertumbuhan pengguna media sosial di Indonesia semakin hari semakin tinggi, seperti dikutip dari laman kominfo.go.id dari 400 responden, ada sekitar 98% remaja dengan yang masih berada di jenjang sekolah menengah dan menengah atas sudah mengenal Internet, dan sebanyak 79,5% diantaranya adalah pengguna internet yang menjadikan media sosial sebagai tempat untuk berkomunikasi dengan rekan ataupun keluarga, sosial media yang banyak digunakan di Indonesia tentu saja Facebook, Twitter, Path, Instagram hingga yang relatif baru ngetren seperti Snapchat.

Pengguna sosial media yang begitu banyak tentunya akan sangat baik jika mereka juga menggunakan blog untuk mengembangkan diri, karena blog memiliki banyak manfaat dibandingkan dengan sosial media yang biasanya hanya digunakan untuk nulis-nulis status, bermain game, chatting dan berbagi foto.

Untuk Anda yang baru ingin memulai blog, berikut ini kami tuliskan beberapa manfaat blog yang perlu Anda ketahui. 1.

Memudahkan dalam berbagi informasi

Sekarang ini pengguna internet bukan hanya mencari informasi, namun bisa juga berbagi informasi, dengan blog seseorang akan memiliki tempat nya sendiri untuk menuliskan informasi, informasinya tentu beragam, mulai dari kronologi kejadian yang disaksikannya, hingga informasi menu masakan yang dibuatnya. Informasi seputar kesehatan, teknologi, dan gaya hidup juga bisa dituliskan di blog.

 

2. Menambah wawasan

Dengan ngeblog biasanya wawasan seseorang akan bertambah luas, keinginan untuk selalu mengupdate blog membuat para blogger berusaha untuk selalu mendapatkan informasi dan pengetahuan baru untuk dituliskan di blog miliknya. Selain itu biasanya blogger akan berteman dengan blogger lain, walaupun hanya di dunia maya, namun aktivitas tersebut membuat para blogger saling membaca informasi yang ada di blog kawannya tersebut, hal ini tentu akan semakin menambah wawasan.

3. Melatih keterampilan dan kreatifitas menulis

Orang yang hobi menulis kemungkinan besar akan senang ngeblog, untuk yang tidak suka menulis dan memutuskan untuk memiliki blog biasanya juga akan mulai menyukai menulis. Menulis tentu banyak manfaatnya, menulis juga sebuah keterampilan, dan keterampilan menulis itu bisa semakin diasah ketika seseorang menuliskannya di blog.

4. Menumbuhkan minat membaca

Membaca adalah jendela dunia, dengan ngeblog para blogger bukan hanya akan terlatih untuk menulis namun juga akan terlatih untuk membaca, biasanya mereka akan banyak membaca untuk mencari informasi baru, atau menyempatkan membaca postingan agar bisa memberikan komentar yang relevan di postingan temannya sesama blogger.

5. Media aktualisasi diri

Dengan blog seseorang akan belajar dengan bebas untuk mengembangkan dan mengeksplor lebih jauh serta berbagi pengetahuan yang dimilikinya melalui sebuah tulisan. Dengan membagikan dan menuliskan di blog maka bukan tidak mungkin seseorang akan termovitasi untuk melakukan hal positif yang dibagikan tersebut. Ikatlah ilmu dengan menuliskannya, begitu kata pepatah.

6. Media komunikasi dan sosialisasi

Saat ini kita mengenal media sosial sebagai media komunikasi dan bersosialisasi, namun jangan salah, blog juga bisa menjadi tempat bersosialisasi dan juga sebagai sarana komunikasi. Anda bisa berkomunikasi dengan banyak orang melalui tulisan Anda di blog, tulisan Anda akan dikomentari, dan Anda bisa membalas komentar tersebut. Selain itu Anda juga bisa berkomentar di blog milik orang lain.

Selain itu aktivitas saling komentar tersebut terkadang bisa menimbulkan hubungan pertemanan di dunia nyata, bahkan berbagai komunitas blogger juga sering melakukan pertemuan untuk kopi darat dan saling mengenal satu sama lain.

7. Menuangkan ide dan kreasi

Ide yang Anda miliki jangan hanya di pendam, namun sebaiknya dilakukan atau dijalankan. Ide juga ada baiknya untuk dibagikan ke orang lain, dituangkan melalui tulisan di blog. Manfaatnya untuk orang lain tentu tidak ternilai harganya. Selain itu untuk Anda yang suka berkreasi seperti fotografi, edit foto dan lainnya, blog bisa Anda jadikan tempat untuk memajang semua kreasi tersebut.

8. Media promosi

Memiliki sebuah blog bukan hanya bisa Anda manfaatkan untuk berbagi informasi, namun bisa Anda manfaatkan juga untuk tempat promosi. Anda bisa mempromosikan usaha atau produk milik Anda melalui blog tersebut. Seluruh dunia akan bisa membaca dan melihat.

9. Menghasilkan tambahan penghasilan

Sudah bukan rahasia lagi kalau blog bisa menghasilkan uang. Blog yang dikelola dengan baik dan ramai pengunjungnya bisa dipasangkan iklan, bisa untuk tempat jualan, bisa untuk tempat promosi, sarana review dan lainnya. Sudah banyak yang berhasil menghasilkan puluhan juta perbulan bahkan miliaran pertahun dari blognya. Hebatnya, mereka tidak perlu keluar rumah, tidak perlu macet-macetan dijalan, tapi hanya duduk dirumah dan menulis di blog saja.



from Kopidev News Feed http://ift.tt/2b2Dm6V
via IFTTT

Post a Comment

0 Comments

Close Menu