Ad Code

Responsive Advertisement

Polisi Bersorban Siap Kawal Demo supaya Jalan Dengan Damai

4-polisi-bersorban

Tribratanewsjatim, Jakarta – Polisi telah menyiapkan sejumlah skenario pengamanan demo besar-besaran di Jakarta pada Jumat 4 November 2016. Salah satunya dengan menerjunkan ratusan personel polisi dari Kesatuan Brimob yang mengenakan sorban dan peci berwarna putih.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Awi Setiyono mengatakan “jurus” tersebut dilakukan agar demonstrasi berjalan dengan kepala dingin, aman, dan damai. Pasukan bersorban putih itu sendiri didatangkan khusus dari Polda Jawa Barat dan beberapa daerah lain.

“Memang sudah kita siapkan Brimob Nusantara yang di-backup oleh Mabes Polri dari berbagai daerah. Secara spesifik memang mempunyai kemampuan itu, salah satunya Brimob Polda Jabar sudah kita siapkan,” ujar Kkmbes Pol Awi di Mapolda Metro Jaya, Rabu (2/11/2016).

Kombes Pol Awi menjelaskan, pasukan bersorban putih ini merupakan program terobosan Brimob dalam mengawal aksi demonstrasi. Bukan kali ini saja, cara tersebut juga sudah pernah dilakukan Polda Jatim dan Polda Jabar.

“Selama ini kita tidak pernah mengedepankan kekerasan. Kita kedepankan persuasif dulu. Itu sudah sering di Surabaya, pernah di Bandung juga,” tutur Kombes Pol Awi.

Pasukan bersorban itu nantinya melafalkan asmaul husnah dengan harapan mampu meredam emosi massa. “Ini juga untuk mengingatkan bahwa polisi juga seiman dengan pedemo, ada yang seiman,” ungkap Kombes Pol Awi.

Kombes Pol Awi memaparkan, ratusan pasukan Brimob bersorban dan peci putih itu akan berbaris dengan duduk bersila. Mereka akan berzikir dan melafalkan 99 nama Allah SWT. Namun, Kombes Pol Awi tidak menjelaskan di barisan mana pasukan sorban tersebut ditempatkan.

“Teknis kalau baca sambil duduk. Baca asmaul husnah yang 99 itu. Mereka ini sudah terlatih sudah hafal,” ujar Kombes Pol Awi.

Ketika massa mulai ricuh, sambung Kombes Pol Awi, diharapkan dengan bacaan-bacaan asmaul husna bisa meredam emosi massa. “Itu untuk mengantisipasi terkait apabila nanti massa sudah mulai lempar-lemparan atau sudah mulai merangsek dorong-dorongan. Tentunya nanti kita imbangi dengan zikir dan membacakan asmaul husnah,” tutup Kombes Pol Awi.(hs)

from Tribratanews Polda Jawa Timur http://ift.tt/2eFkFWa
via IFTTT

The post Polisi Bersorban Siap Kawal Demo supaya Jalan Dengan Damai appeared first on Halo Dunia.



from Halo Dunia http://ift.tt/2fhUt7S
via IFTTT

Post a Comment

0 Comments

Close Menu