Header Ads

Benarkah Kepribadian Seseorang Bisa Dilihat Melalui Foto Profil Akun Medsosnya? http://ift.tt/2t3p6og

Detik.in – Seiring berkembangnya media sosial yang sangat pesat dan hampir tidak terbendung. Seperti yang kita ketahui, semua orang menggunakan sosial media, ada yang secara aktif maupun secara pasif (silent reader). Benarkah, tipe kepribadian seseorang dapat diketahui berdasarkan foto profil sosial media yang dimiliki / digunakan?. Ternyata hal ini memunculkan banyak penelitian. Dari hasil search gogle, beberapa menuliskan bahwa, ” Liu, Pietro, dkk (2016) menerbitkan sebuah jurnal penelitian mengenai 66.000 foto profil sosial media, yaitu twitter, dan melihat kepribadian seseorang berdasarkan tweet yang diposting oleh mereka. Analisa kepribadian dilakukan dengan cara melihat ciri-ciri kepribadian dari teori Big Five Personality, yang disampaikan melalui bagaimana seseorang memposting twit di dalam akun twitter mereka”.(online)

Dan berikut  adalah hasil penelitian tersebut:

– Openness To Experience

Tipe kepribadian pertama dari Big Five Personality adalah openness to experience. Tipe kepribadian ini cenderung memiliki intelektual yang tinggi. Penelitian ini mengungkapkan bahwa tipe dari kepribadian ini cenderung memiliki foto profil yang tidak berbentuk wajah, bisa jadi objek, atau foto dari belakang. Kebanyakan, orang dengan tipe kepribadian ini menggunakan teknik yang sifatnya estetis dan dinamis, seperti menggunakan efek-efek foto yang menarik, hitam putih, contrast tinggi, blur, dan sebagainya, dengan proporsi yang menarik dan tentu saja estetik (tidak terkesan asal-asalan, dan terlihat artistik).

Kepribadian berikutnya adalah conscientiousness yaitu tipe kepribadian yang berhubungan dengan keteraturan dan sesuatu yang terorganisir dengan baik. Orang dengan tipe kepribadian ini cenderung menggunakan foto profil sosial media yang menunjukkan satu wajah saja (foto sendirian dengan wajah yang terlihat jelas dan besar). Kebanyakan mereka menggunakan foto profile yang berwarna / colorful, dan jarang menggunakan foto profile hitam putih/grayscale.

 

Kebanyakan ekspresi wajah mereka menunjukkan ekspresi emosi yang positif, seperti tersenyum tertawa, bahagia, dan cenderung sangat ekspresif.

– Extraversion

Extraversion merupakan tipe kepribadian yang berhubungan dengan kelekatan dengan dunia luar. Mereka yang memiliki tipe kepribadian ini cenderung memiliki foto profil yang sangat cerah dan berwarna. Biasanya jarang menggunakan efek yang berlebihan, dan cenderung tidak estetis, yang penting foto tersebut cerah dan bisa terlihat.

Kebanyakan orang dengan kepribadian extraversion menggunakan foto profile yang tidak sendirian (beramai-ramai). Hal ini membuat orang dengan kepribadian extraversion cenderung memiliki rasio ukuran wajah yang kecil di dalam sebuah foto.

– Agreeableness

Tipe dari kepribadian berikutnya, yaitu agreeableness merupakan tipe kepribadian yang berhubungan dengan harmoni dan kooperatif. Mereka kebanyakan memajang foto profile dengan wajah yang ditunjukkan, colorful (namun tidak secerah/secolorful extraversion). Mereka juga tidak menunjukkan nilai artistik dari foto profil.

– Neuroticism

Tipe dari kepribadian ini merupakan tipe kepribadian yang berhubungan dengan emosi dan perasaan negatif, seperti kecemasan. Mereka yang memiliki kepribadian ini cenderung menggunakan foto profile yang simple, bahkan sangat simple dengan pilihan warna yang negatif (cenderung hitam putih). Mereka juga tidak menunjukkan sisi artistik/estetik dari foto profile mereka sama sekali, dan cenderung tidak menunjukkan wajah di dalam foto profil mereka.

Dari beberapa tipe kepribadian big five berdasarkan foto profil yang digunakan di sosial media diatas. Apakah ada yang tepat seperti anggukan Anda? Semoga bermanfaat

 

 



from DETIK NEWS http://ift.tt/2t3p6og
via IFTTT

No comments

Powered by Blogger.