Header Ads

Detik Hewan: Berbagai Macam Jenis Landak Mini Malam Yang Imut http://ift.tt/2rLeUgc

Mendengar kata landak yang terbayang adalah binatang berduri tajam yang bisa melukai manusia dengan durinya yang menempel disekujur tubuhnya. Tetapi lain landak biasa lain pula yang namanya landak mini, meskipun  sama-sama bernama landak tetapi landak mini sama sekali tidak berbahaya. Landak Mini berasal dari Negara Afrika, yang dikenal dengan nama African Pygmy Hedgehog. Jenis Landak Mini ini bisa menjadi hewan peliharaan. Karena duri yang ada pada Landak Mini tidaklah berbahaya selain itu juga memiliki wajah yang lucu dan bentuknya bisa melingkar seperti bola duri.

Landak Mini tergolong hewan Nocturnal (aktif pada malam hari). Ketika di siang hari Landak Mini lebih suka untuk tidur di bawah rumput, tumpukan serutan kayu atau liang-liang yang tersedia.

Pakan Landak Mini. Landak mini membutuhkan 70-100 kalori/hari, tapi ia bisa makan melebihi kebutuhan normalnya. Jadi, jika berat badan landak mini Anda tampak bertambah (gemuk), mungkin Anda membatasi jumlah makanannya. Pelet catfood atau dogfood harus berukuran kecil sehingga bisa memudahkan landak mini untuk memakannya. Gunakanlah cat food dengan ukuran standar atau lebih kecil. Jumlah protein adalah 28-30 persen atau dua kali jumlah FAT yaitu 15-16 persen. Sediakan sesekali ulat hongkong atau ulat jerman. Jumlahnya sekitar satu sendok makan. Berikanlah dua kali seminggu. Makanan harus dijaga dari bahan pengawet yang berbahaya. BHA, BHT dan ethoxyquin biasanya digunakan untuk bahan pengawet yang keamanannya dipertanyakan dan tidak lagi diperbolehkan dalam makanan manusia. Hindarilah pemanis buatan seperti sirup jagung, sukrosa, dan gliserin, serta warna tiruan atau rasa.

Landak Mini saat merasa terancam atau terganggu ia akan memilih untuk lari, atau jika terdesak ia bisa melindungi dirinya dengan membentuk gumpalan bola dengan menegakan duri-durinya.

Macam dan Jenis Landak Mini

Landak Mini adalah hewan pemakan serangga. Ia biasa berburu makanan pada malam hari. Selain itu ia agak oportunis dan mau memakan tikus kecil, reptil, burung bersarang,tanah telur, dan kadang-kadang sayuran serta buah-buahan.

Landak mini memiliki beberapa jenis yang sangat menggemaskan, biasanya landak mini dibedakan berdasarkan warna pada duri-durinya yang sangat bervariasi. Untuk bisa menghasilkan jenis landak mini yang baru biasanya dilakukan perkawinan silang antara landak mini jenis satu dengan jenis lainya.

Berikut beberapa jenis landak mini yang banyak beredar di masyarakat luas, diantaranya:

Jenis. Landak Mini Albino (http://ift.tt/2nziiNk)

http://ift.tt/2o286Je
Landak Mini ALBINO

Landak Mini jenis ini yang sangat rentan di serang predator, disebabkan karena kurangnya kamuflase. Dinamakan Albino karena tidak mempunyai pigmem warna, jadi seluruh tubuhnya akan berwarna putih atau pucat, dan juga warna matanya merah karena tidak ada pigmen warna di matanya. Sedangkan warna kulit dan hidungnya berwarna merah muda.

Harga landak mini jenis albino ini berkisar antara 150 – 300 ribu untuk anakan, sedangkan indukan kurang lebih 175 – 300 ribu. Harga mungkin bisa berubah tergantung pada kondisi dan kesehatan dari landak mini.

Jenis Landak Mini Platinum (www.pinterest.com)

http://ift.tt/2o286Je
Landak Mini Platinum

Tergolong landak mini yang langka. Ciri khasnya yaitu biasanya durinya berwarna putih dan pada bagian kulit, hidung serta telinga memiliki warna agak gelap dengan warna coklat.

Jenis Landak Mini Pinto (http://ift.tt/2nziiNk)

http://ift.tt/2o286Je
Landak Mini Pinto

Disebut landak mini Pinto adalah karena adanya kelainan bercak putih yang terdapat pada warna aslinya.

Jenis Landak Mini Appricot (www.petinfoclub.com)

http://ift.tt/2nz8m6f
Landak Mini Apricot

Landak Mini jenis Appricot adalah Landak Mini yang memiliki duri berwarna agak ke oranye yang bercampur coklat krem. Sorot matanya memiliki warna merah ruby, pada bagian perutnya memiliki warna putih, sedangkan hidungnya memiliki warna merah muda.

Jenis Landak Mini Cinnicot (http://ift.tt/2nziiNk)

http://ift.tt/2o286Je
Landak Mini Cinnicot

Jenis Landak Cinnicot merupakan hasil dari perkawinan silang antara Landak Mini jenis Cinnamon dan Appricot. Warna landak jenis Cinnicot seperti warna emas atau karat yang pudar. Karena jenis ini hasil dari perkawinan silang, jadi terkadang hasilnya mirip Cinnamon atau mirip Appricot.

Jenis Landak Mini Salt and Pepper (http://ift.tt/2nziiNk)

http://ift.tt/2o286Je
Landak Mini Salt and Pepper

Jenis Landak Mini yang satu ini termasuk yang sering dijumpai baik di alam liar atau di pasaran. Landak Mini Salt and Pepper memiliki warna puti dan dibalut warna hitam, warna mata dan hidung sama-sama hitam.

Selain dibalut warna hitam, ada beberapa landak jenis ini yang dibalut dengan warna coklat atau abu-abu. Untuk harga landak mini jenis salt and paper ini berkisar antara 175 – 250 ribu untuk anakan, sedangkan indukan kurang lebih 225 – 300 ribu



from DETIK INDONESIA NEWS http://ift.tt/2rLeUgc
via IFTTT

No comments

Powered by Blogger.