Header Ads

Detik Travel: Ini 6 Tips Mudik Lebaran Nyaman Bersama Si Kecil http://ift.tt/2stij6o

Idul Fitri tinggal menghitung hari. Mudik Lebaran bersama keluarga ke kampung halaman sambil membawa anak, akan lebih nyaman kalau kita tahu tipsnya.

Membawa anak kecil di bawah usia 10 tahun untuk bepergian jauh saat mudik Lebaran memang susah-susah gampang. Apalagi, bila anak belum sering untuk menempuh perjalanan lebih dari 2 jam. Baik menggunakan kendaraan pribadi atau umum, ini menjadi suatu tantangan bagi orang tua.

Jangan khawatir, kali ini detikTravel Selasa (20/6/2017) akan memberikan beberapa tips agar Mudik Lebaran bersama anak lebih aman dan nyaman:

1. Siapkan tas khusus perlengkapan anak

Agar memudahkan mengambil peralatan yang dibutuhkan, baiknya gunakanlah tas khusus untuk berbagai peralatan sang buah hati. Ini juga memudahkan orang tua serta menghemat waktu.

Gunakanlah tas yang tidak terlalu besar, dan tidak terlalu kecil. Seperti tas berukuran sedang model sling bag atau ransel sedang. Kelompokkan berbagai jenis kebutuhan dalam bentuk pouch, sehingga tidak terlalu sulit saat mencari barang yang dibutuhkan.

2. Persiapkan MPASI atau snack sebelum berangkat

Bayi yang sudah berusia di atas 6 bulan biasanya didampingi makanan tambahan selain ASI. Persiapkan makanan pendamping beberapa hari sebelum keberangkatan mudik Lebaran.

Jika ingin mudah, bawalah biskuit instan untuk bayi, jangan lupa untuk membawa penghangat atau botol air panas serta pendingin untuk stok cadangan ASI. Bagi yang sudah balita, bisa dibawakan beberapa camilan seperti biskuit atau buah. Ini sangat berpengaruh terhadap stok asupan anak selama perjalanan mudik Lebaran.

3. Bawalah buku atau mainan

Perjalanan mudik Lebaran berjam-jam rentan membuat anak bosan. Bawalah beberapa benda untuk hiburan seperti buku atau mainan edukatif.

Apabila sang anak dirasa terlalu kecil untuk bermain gadget, traveler bisa membawa buku cerita atau mainan interaktif dan edukatif untuk dibawa sembari menemani perjalanan. Apabila anak bosan, ini akan menjadi saat yang membuat orang tua lebih repot karena jarak tempuh mudik Lebaran yang juga jauh.

Permainan interaktif juga dapat dimainkan oleh seluruh anggota keluarga saat bepergian jauh seperti mudik. Misalnya permainan ‘ABC 5 Dasar’ atau kuis-kuis jenaka. Ini juga dapat menjadi bonding keluarga lho!

4. Membawa peralatan P3K

Saat mudik Lebaran, kadang hal yang tidak terpikirkan sering terjadi, seperti sakit secara mendadak. Antisipasinya, bawalah peralatan P3K dasar.

Isinya dapat berbagai macam. Seperti alkohol antiseptik, kapas, tisu, minyak angin atau obat-obatan pereda nyeri yang cocok untuk anak. Yang paling penting untuk menjaga daya tahan tubuh adalah vitamin, atau traveler bisa membawa perasan lemon dan madu agar lebih alami dan mudah dibawa.

5. Gunakan car seat

Untuk bayi dan balita, biasanya duduk di kursi mobil atau kendaraan bisa menjadi hal yang cukup sulit. Maka dari itu, tidak ada salahnya utuk membawa car seat khusus bayi.

Apabila tidak memiliki car seat, orang tua dapat membawa bantal dan guling serta selimut untuk memberikan ruang khusus anak. Ini agar si kecil tetap merasa nyaman dan terjaga keamanannya.

6. Ceritakan kondisi yang dihadapi

Anak kecil yang sudah mulai mengerti berinteraksi biasanya akan lebih bingung saat diajak mudik Lebaran ke kampung halaman. Ini dikarenakan mereka jarang bertemu sehari-harinya.

Selama perjalanan, orang tua dapat menceritakan tentang berbagai anggota keluarga dan para saudara. Juga berbagi pengalaman kepada sang anak tentang hidup di kampung halaman serta kondisi dan situasinya kini. Hal ini dapat menghindari anak dari kaget situasi saat sampai tempat tujuan.



from DETIK NEWS http://ift.tt/2stij6o
via IFTTT

No comments

Powered by Blogger.