Ad Code

Responsive Advertisement

Detik Unik: Ada 10 tips Tuk Berhenti Rokok Secara Efektif http://ift.tt/2sVIjY1

Nikotin merupakan salah satu zat adiktif yang terdapat di dalam tembakau rokok dan merupakan zat paling berbahaya dan di sebagian besar negara – negara di dunia melegalkan rokok. Merokok merupakan kebiasaan buruk dan mengganggu serta berbahaya bagi orang yang tidak merokok. Berbahaya juga bagi anak anak yang terkena asap rokok dan menjadi perokok pasif. Rokok bertanggung jawab untuk sekitar 4,9 juta kematian setiap tahun. Berhenti merokok bukanlah hal yang mustahil dan tidak ada kata terlambat untuk mengakhiri kebiasaan buruk ini. Jika Anda telah berhasil berhenti merokok maka setidaknya Anda dapat menghemat Uang Anda selain dari kesehatan Anda. Berikut tips atau cara untuk berhenti merokok secara Efektif.

1. Waktu yang Luang dan Saat Stress Dijadikan Alasan Untuk Merokok

Para perokok biasanya secara tidak sadar mempunyai jadwal atau waktu-waktu tertentu untuk merokok. Terutama pada saat stres, nongkrong di luar, nongkrong di toilet dan setelah makan. Cobalah ubah jadwal waktu-waktu untuk merokok tersebut. Contoh, Anda merokok hanya waktu nongkrong di luar tetapi ketika nongkrong di toilet tidak merokok. Atau Anda hanya merokok sebelum makan dan tidak merokok setelah makan. Intinya adalah coba putar balik kebiasaan jadwal Anda merokok. Cobalah masing-masing jadwal selama seminggu dan terus variasikan jadwalnya untuk minggu-minggu berikutnya sehingga kita tidak terikat oleh jadwal tertentu.

2. Cari Alasan Yang Kuat Untuk Berhenti Merokok

Buatlah daftar alasan yang akan menopang anda dalam menghentikan. Buatlah alasan yang lebih spesifik. Sebagai contoh bikinlah alasan akibat merokok yang berimbas pada saat ini  daripada alasan berdasarkan masa depan. Misalnya, “Sangat memalukan untuk naik lift di tempat kerja berbau seperti rokok raksasa” lebih memotivasi daripada “Saya tidak ingin mendapatkan kanker ketika aku 40, 50 atau 60.”
Browsing lah di internet tentang akibat bahaya merokok dan apa yang terjadi pada perokok di kemudian hari merupakan satu hal yang dapat menambah alasan Anda untuk berhenti Merokok. Sebagai referensi tambahan Anda bisa melihat video bahaya merokok di youtube.

3. Atur Jumlah Rokok Yang Diisap

Jumlah batang rokok yang dihabiskan untuk jenis kegiatan tertentu juga secara tidak sadar mempunyai pola bagi para perokok. Coba variasikan jumlahnya selama seminggu, baik itu ditambah atau dikurangi. Contoh, bagi yang punya kebiasaan merokok tiga batang setelah makan, coba rubah menjadi 4 batang, dan pada minggu berikutnya 2 batang, dan seterusnya. Sehingga kita tidak terikat dengan jumlah tertentu.

4. Berolahraga

Olahraga sangat membantu seperti berlari dan umumnya tidak cocok dengan perokok  karena dengan berolahraga Anda akan dapat merasakan imbas langsung dari akibat merokok seperti napas yang tersengal sengal sangat capat. Jika Anda mengalami itu Anda harus memulai secara perlahan jangan langsung berolahraga secara keras karena akan berisiko bagi jantung Anda.

5. Ubahlah Rutinitas Anda

Jika Anda memiliki rutinitas atau kegiatan tetap sehari-hari dan merokok adalah bagian dari itu, lalu berhenti mungkin akan membuat Anda merasa seperti ada yang hilang. Mengopi atau minum teh dapat mengakibatkan rasa ingin merokok maka untuk sementara jauhkan dari kebiasaan tersebut. Jika Anda membuat rutinitas baru yang tidak melibatkan merokok apapun, maka Anda dapat memperkuat gagasan bahwa tidak ada yang hilang.

6. Pilihlah Hari atau Momentum untuk Berhenti Merokok

Beberapa orang mungkin akan langsung berhenti pada saat hari dimana mereka ulang tahun atau tahun baru. Mereka telah berjanji bahkan bersumpah pada diri sendiri pada saat hari yang penting dan mereka tak akan melupakan itu. Walaupun beberapa ada yang masih kembali merokok namun orang yang berhenti dengan cara seperti itu adalah orang yang memiliki karakter kuat dalam dirinya.

7. Jauhkan Diri Anda dari Benda – Benda yang Berhubungan dengan Rokok

Cobalah untuk membuang bungkus bungkus rokok yang masih tersimpang di kamar Anda. Jauhkan Asbak dan  korek api dari sekitar Anda. Setidaknya itu akan mempersulit Anda dalam memulai merokok.

8. Jauhkan Diri Anda Dari Lingkungan Perokok

Jika Anda bertekad berhenti merokok namun Anda masih berada dalam lingkungan dimana teman teman  merupakan orang orang perokok. Maka jauhkan diri Anda dulu sementara. Hal ini supaya mencegah Anda untuk berubah pikiran lagi. Ketika Anda sudah benar benar berhent merokok maka Anda bisa bergabung kembali pada mereka. Pada saat inilah Anda di uji apakah Anda mempunyai pendirian atau tidak.

9. Carilah Dukungan dari Orang Terdekat Anda

Beritahu teman dan keluarga yang Anda mencoba untuk berhenti merokok. Cari dukungan dari mereka yang paling Anda cintai. Carilah pasangan yang benci dengan orang yang merokok dan tidak akan membiarkan Anda merokok di depannya. Jika Anda benar benar mencintainya maka Anda pasti akan menuruti kehendaknya tersebut.

10. Belajar dari Orang – Orang yang Telah Berhasil Berhenti

Banyak orang yang sudah berhasil berhenti merokok. Pelajarilah bagaimana mereka dapat berhenti merokok dan catat point point penting dari apa yang telah mereka lakuka dan cobalah untuk mencoba menerapkannya dalam diri Anda. Jika orang lain bisa kenapa kita tidak bisa.


from DETIK INDONESIA NEWS http://ift.tt/2sVIjY1
via IFTTT

Post a Comment

0 Comments

Close Menu