Ad Code

Responsive Advertisement

Mitos Atau Fakta? Masjid Megah Turen Yang Dibangun Oleh Jin Hanya Dalam Satu Malam http://ift.tt/2tKrVHG

Ini dia masjid paling unik di Malang. Ornamennya penuh warna dan sangat rumit. Malah ada cerita, masjid ini dibangun pasukan jin dalam semalam.

Masjid Tiban ada di dalam Ponpes Salafiyah Bihaaru Bahri’ Asali Fadlaailir Rahman. Alamatnya ada di Jalan KH Wahid Hasyim, Gang Anggur, Desa Sananrejo, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang.

Ornamen warna biru dan putih mendominasi bangunan masjid, ditambah sentuhan kaligrafi menghias seluruh dinding. Tak ayal tempat ini jadi destinasi favorit wisata religi di Kabupaten Malang.

 

Dengar-dengar, ada cerita masjid berlantai 10 ini, konon dibangun dalam waktu semalam oleh pasukan jin. Namun hal itu buru-buru dibantah pengurus masjid. Julukan masjid tiban, kesannya mendadak jadi. Padahal masjid ini dibikin 10 tahun.

“Itu isu, dan salah,” kata Rochman, petugas jaga pos informasi.

Menurut Rochman, masjid dibangun oleh Romo Kiai Haji Ahmad Baru juga Pengasuh Ponpes Salafiyah Bihaaru Bahri’ Asali Fadlaailir Rahman. Itu sebabnya masjid ini turut berada dalam satu kompleks dengan pesantren.

“Pengasuh mulai bangun sejak tahun 1968 dan baru diresmikan tahun 1978 lalu. Tidak benar kalau menyebut masjid tiban,” tegasnya

“Sebagai obat penyakit hati,” katanya lirih.Masih kata Rochman, masjid berdiri di atas lahan seluas tujuh hektar dan berlantai sepuluh. Tujuan membangun masjid adalah untuk mengobati penyakit hati.

Nah, kalau menurut detikTravel, masjid ini ornamennya malah mirip beberapa objek wisata di Spanyol karya seniman Antoni Gaudi, yaitu Park Guell. Park Guell juga banyak bermain dengan mosaik keramik sampai demikian indahnya.

Saking luasnya, komplek masjid memiliki bangunan lain di sekitarnya selain bangunan utama masjid sekaligus ponpes. Ada pujasera atau tempat toko berjualan berada di lantai lima, lantai di bawahnya merupakan ruangan besar untuk kegiatan ibadah.

Baca juga : aplikasi kamera keren android untuk abadikan momen travelling anda

Di lantai dasar, aula dengan kursi-kursi besar tersedia, dan ada khusus ruangan dengan aquarium berisi ikan arwana tidak jaub dari aula. Ketika awal memasuki lantai dasar, pengunjung pasti akan menyusuri lorong panjang dengan dinding berarsitek ukiran kaligrafi.

Kompleks masjid juga memiliki halaman cukup luas, area parkir, toilet, serta tempat istirahat untuk pengunjung wanita serta pria selama berada dalam masjid. Luas banget!

“Lantai paling atas adalah gunung, kita menyebutnya,” ungkap Rochman.



from DETIK NEWS http://ift.tt/2tKrVHG
via IFTTT

Post a Comment

0 Comments

Close Menu