Header Ads

Detik Health: Jangan Mau Kalah Sama Para Lansia Yang Masih Aktif Bergerak Ini! http://ift.tt/2tC9ch1

Kesan utama saat melihat para lansia adalah sosok yang butuh perlindungan. Tapi lansia berumur 80 tahun lebih ini mematahkan persepsi mengenai hal tersebut. San Diego Splash, adalah tim basket senior di bawah naungan San Diego Senior Women’s Basketball Association yang seluruh pemainnya harus berusia di atas 80 tahun. Wow!

Dilansir Woman’s Day, Selasa (18/7/2017), pemain dari Splash memiliki rentang usia mulai dari kelahiran 1920. Larson, salah satu pemain dari Splash mengisahkan pengalamannya pertama kali bergabung dengan Splash. “Saat itu aku berusia 78 tahun saat aku mendapatkan kaos kaki basket, rasanya sangat menggetarkan jiwa,” kenangnya.

Tua bukan halangan untuk beraktivitas.

Splash merupakan wadah untuk mereka menyalurkan bakat. Selain itu, tim basket ini adalah tempat yang membuat mereka tetap semangat menjalani hari. Larson menggambarkan timnya sebagai ‘persahabatan, sebuah persaudaraan, sebuah keluarga’ dan menuturkan bahwa teman-teman di tim basketnya adalah orang-orang yang sangat baik di kehidupan.

Sejumlah studi sebenarnya pun sangat mendukung para kelompok lansia untuk berolahraga. Bahkan, kebiasaan ini terhubung dengan usia harapan hidup yang meningkat.

“Banyak teman masa kecilku yang menganggap aku gila karena bermain bola basket. Mereka berkata, ‘kamu akan mematahkan lengan, kamu akan mematahkan kaki,'” tutur salah seorang pemain, Marge Carl (87), “Kamu tahu, aku adalah satu-satunya yang selamat, mereka (teman masa kecilnya) sudah meninggal.”

Karena manfaat kesehatan yang banyak dirasakan tim lansia ini, beberapa pemain pun ada yang sudah bermain lebih dari 20 tahun untuk San Diego Senior Women’s Basketball Association, seperti misalnya Fran Styles, atau seperti Skinner yang sudah 24 tahun berada di lapangan. Meskipun sering kali terjadi cidera (dua kali patah pergelangan dan dua kali jarinya retak) Skinner tetap kembali tampil dengan jersey Splash.

Kini, tim basket mereka menjadi viral dan memberikan inspirasi orang tua untuk terus menjalankan hidup sehat. “Kamu tidak bisa hanya duduk menonton tv, itu adalah hal yang buruk,” tutup Carl.



from DETIK INDONESIA NEWS http://ift.tt/2tC9ch1
via IFTTT

No comments

Powered by Blogger.