Header Ads

Detik Health: Pakar Sebut Menyiapkan Kehamilan Dimulai Sejak Sebelum Menikah http://ift.tt/2tVFZ21

Kehamilan adalah hal istimewa bagi para wanita. Tentu saja hal yang istimewa juga harus dipersiapkan dengan cara yang istimewa pula.

Hamil itu tidak mudah, pasti ada rasa sakit yang menyertainya seperti mual muntah di awal kehamilan. Nah apa saja yang perlu dipersiapkan untuk kehamilan yang sehat?

Menurut dokter obstetri dan ginekologi, dr Ulul Albab, SpOG, persiapan kehamilan itu dipersiapkan dari sebelum menikah.

“Konseling pra nikah itu ada. Kapan waktu yang tepat dia pengen punya anak itu ada,” ujarnya saat acara halal bihalal dan seminar kesehatan di Auditorium Gedung BKKBN, Jl. Permata No. 1 Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Sabtu (15/7/2017).

Selain melakukan konselilng pra nikah, wanita juga harus melakukan periksa kesehatan organ reproduksinya.

“Jadi ada prenatal screening, ada beberapa screening sebelum dia menikah. Ada masalah nggak di organ untuk kehamilannya nanti,” imbuhnya.

dr Ulul menganjurkan ada baiknya memerhatikan psikologis diri sebelum menikah, karena membina rumah tangga dan memiliki anak bukan perkara yang mudah.

Selanjutnya dr Ulul juga menyarankan pada semua wanita yang mulai hamil untuk memeriksakan kandungannya ke dokter atau bidan. “Saat mulai hamil, liat tes pack positif langsung periksa. Tes pack positif itu belum tentu dia hamil, bisa hamil di luar kandungan, hamil anggur, bisa juga hamil tidak berkembang,” tutupnya.



from DETIK INDONESIA NEWS http://ift.tt/2tVFZ21
via IFTTT

No comments

Powered by Blogger.