Header Ads

Jusuf Kalla Apresiasi Polri Ungkap Sindikat Penipuan Internasional http://ift.tt/2uJQyHy

Detik.In, Jakarta – Wakil Presiden Jusuf Kalla angkat suara soal penangkapan puluhan warga negara asing (WNA), yang terlibat sindikat penipuan internasional di Indonesia.

Pria yang akrab disapa JK itu mengatakan, warga China adalah turis terbanyak di Indonesia. Karena itu banyak warga Tiongkok melakukan kejahatan di Tanah Air.

“Harus diingat, China jadi turis terbesar di Indonesia hari ini, hubungannya dengan pengetatan pemeriksaan,” ujar JK di Bundaran Hotel Indoensia, Jakarta Pusat, Minggu (30/7/2017).

JK pun mengapresiasi kerja sama antara polisi China dengan Polri yang mampu mengungkap sindikat ini di tiga tempat, Jakarta, Surabaya, dan Bali.

“Ya, dia membuat kriminal ini korbannya ya di negaranya, ini adalah hasil kerja sama dengan polisi kita dan China,” kata dia.

Terpisah, Wakapolri Komjen Pol Syafruddin mengatakan penangkapan WNA China ini belum usai. Pihaknya baru menangkap sebagian dari pelaku penipuan ini.

“Ini masih separuh, di Jakarta di Surabaya belum tuntas,” ujar jenderal bintang tiga ini.

WNA asal China dan Taiwan diamankan di Jakarta, Surabaya, dan Bali. Mereka diduga sindikat penipuan kejatahatan internasional.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan, sindikat ini menipu sesama warga China dan mengaku sebagai aparat keamanan.

“Warga negara China di Indonesia, mereka menelepon pejabat di China. Mereka ngakunya jaksa polisi dan memeras (pejabat) karena terlibat kasus. Lalu pejabat yang ditipu kirim uang ke mereka,” kata Argo Sabtu malam, 29 Juli 2017.



from DETIK INDONESIA NEWS http://ift.tt/2uJQyHy
via IFTTT

No comments

Powered by Blogger.