Header Ads

Polres Banjar Giat Kamtibmas Antisipasi Radikalisme dan Anti Pancasila http://ift.tt/2uHzZwf


Detik.in, Martapura – Membuat situasi kamtibmas yang kondusif tidaklah mudah, terutama menjaga keamanan lingkungan. Karena harus  memerlukan kerja sama yang baik antara warga setempat. Banyak kasus pencurian rumah tinggal di sebabkan karena rumahnya tidak berpenghuni ditinggal begitu saja tanpa ada menitipkan kepada tetangga sebelah kiri kanan atau sibuk karena suami isteri sama sama bekerja atau tugas karier. Situasi seperti ini memberikan niat dan kesempatan kepada para pelaku kriminal. Kapolres Banjar AKBP Takdir Mattanete SH. SIK. MH. selalu menekankan kepada Bhabinkamtibmas di jajaranya agar menggiatkan kembali fungsi Pos Kamling yang ada di desa desa. Karena trend kasus pencurian tidak pernah hilang atau menurun. Apalagi masa masa krisis ekonomi  yang melanda negeri kita. Kapolres sangat mengapresiasi dengan adanya terobosan kreatif atau inovasinya. “Semoga para Bhabikamtibmas Polres Banjar dapat memupuk hubungan baik dengan masyarakat dengan dengan menjaga keamanan masyarakat”, ujar Kapolres Banjar yang  juga di kenal sebagai Nette Boy.  

Menyikapi maraknya tingkat kriminalitas kegiatan pos kamling terus di galakan. Seperti kegiatan ronda bareng yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas desa Tungkaran Brigadir Kusnin pada Hari Jumat  dinihari tgl 21 Juli 2017. Brigadir Kusnin yang sdh di kenal karena terobosan membentuk POKTAN Melin. Semangka dan cabe rawit. Terus mengajak masyarakat Desa Tungkaran untuk sama sama Melaksanakan Ronda . Brigadir Kusnin bersama warga RT 08 Desa Tungkaran melakukan pengecekan ke pos kamling  RT 08 desa tungkaran.  Dan bertemu dengan  petugas ronda Sdr Muhlis,  sdr dodi , dan Sdr Slamet duduk sambil ngopi panas menemani petugas ronda. Saudara Slamet salah satu warga yang melaksanakan ronda mengatakan, “Semoga warga disini akan lebih meningkatkan kewaspadaan keamanan rumah masing-masing, sehingga membantu meringankan tugas ronda”. 
Dalam kegiatan rondanya Bhabinkamtibmas Brigadir Kusnin terus mengingatkan. Bahwa ngeronda bukan hanya duduk duduk ngopi. Tapi lakukan patroli sambil memukul kentongan dan meneriakan, jangan lupa pastikan pintu. Sudah terkunci, kompor atau tungku api sudah benar benar padam, matikan listrik yang tidak perlu. Bhabin Kusnin  terus mengajak  warga untuk tetap waspada, bahaya kebakaran. “Alhamdulillah malam ini aman”, Ucap Brigadir Kusnin. 

Kadat Binmas pada kesempatan kegiatan Anev Bhabinkamtibmas.  Menekankan kepada 74 personel   bhabin agar tidak bosan bosan kordinasi dengan ketua RT, perangkat desa dan lurah setempat. Untuk terus  menciptakan situasi kondusif. Dan kerja sama  bhabin Antar Desa dalam menciptakan lingkungan yang aman. Untuk menekan kriminalitas lakukan kunjungan  door to door system kepada warga, tokoh – tokoh Agama, masyarakat dan tokoh adat yang ada di desa. Dan tanamkan kepada warga untuk menolak segala bentuk paham Radikalisme dan anti Pancasila . “Ajak warga untuk segera melaporkan kepada pihak polisi terdekat jika terjadi gangguan kamtibmas”, tutur Kasat Binmas Polres Banjar.
Sumber Kasat Binmas Amalia Afifi.



from DETIK INDONESIA NEWS http://ift.tt/2uHzZwf
via IFTTT

No comments

Powered by Blogger.