Header Ads

Wakil Bupati Sidoarjo Canangkan Program Pendidikan Keluarga http://ift.tt/2v2uAQL

Sidoarjo – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo melaksanakan sosialisasi Program Pendidikan Keluarga dalam rangka Menumbuhkan Karakter dan Budaya Berprestasi Peserta didik dari jenjang SMP, SD, TK, Paud non Formal dan Dikmas, hari ini (27/7) di Hotel Utami – Sedati, Sidoarjo.

Dari laporan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo, yang diwakili oleh Kabid. PAUD dan Dikmas, DR. Sri sutarsih, M.Si, menyatakan bahwa sosialisasi yang difasilitasi pemerintah pusat ini,  dimulai pada tanggal 24 – 27 Juli, diikuti oleh 1.519 orang dari unsur penilik dan  pengawas SMP, SD, TK, dan Kepala UPT Diknas Kabupaten Sidoarjo. Untuk pelaksanaannya secara teknis dilaksanakan dalam 8 gelombang, dengan kelas paralel.

Sosialisasi ini dilaksanakan karena dari berbagai kajian internasional dan nasional menyebutkan bahwa keterlibatan orang tua di sekolah memberikan kontribusi positif pada berbagai pendidikan, termasuk perbaikan persepsi orang tua, sikap dan perilaku positif anak, iklim belajar, prestasi peserta didik dan lain-lain.

Pemerintah memandang bahwa kerjasama keluarga dengan satuan pendidikan mutlak diperlukan. Melalui kegiatan ini, pemerintah bermaksud untuk meningkatkan kapasitas pelaku pendidikan sebagai salah satu upaya mengembangkan lingkungan pendidikan yang aman dan menyenangkan sehingga mampu mendorong potensi peserta didik.

Menurut Direktur Pembinaan Keluarga dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, DR. Sukiman, M.Pd, program ini sudah dibentuk 3 tahun yang lalu, dan telah menjangkau 240 Kabupaten / Kota dari 511 kabupaten/ kota di seluruh Indonesia.

“Untuk di Kabupaten Sidoarjo, telah dilaksanakan Bimbingan Teknis secara intensif terhadap 40 satuan pendidikan baik dari jenjang PAUD, TK, SD dan SMP,”jelas Sukiman.

Wakil Bupati Sidoarjo, H. Nur Ahmas Syarifuddin, SH, menyambut baik karena program ini merupakan salah satu langkah yang baik, mengingat pada saat ini pemerintah pusat mengharapkan bahwa sekolah bukan hanya untuk mentransfer ilmu saja, namun pada akhirnya nanti sebagai pengganti dari suasana di rumah tangga masing – masing bagi siswa didik.

“Sekolah juga diharapkan sebagai motivasi bagi wali murid agar supaya apa yang ada di rumah tangga itu menjunjung, bahkan seiring dan seirama untuk mencapaitujuan nasional dan tujuan pendidikan formal,” ungkap Cak Nur.

Di akhir sambutan Wakil Bupati, dengan didampingi oleh Direktur Pembinaan Keluarga di dapuk oleh kabid PAUD dan Dikmas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo untuk memukul gong, sebagai pertanda dimulainya pencanangan program pendidikan keluarga di Kabupaten Sidoarjo. (San)



from DETIK INDONESIA NEWS http://ift.tt/2v2uAQL
via IFTTT

No comments

Powered by Blogger.