Header Ads

Hoax Dan Integrasi Bangsa

Merebaknya jejaring sosial melalui dunia maya memungkinkan setiap orang berekspresi bebas tanpa batas. Arus informasi hilir-mudik memadati ruang kehidupan, memenuhi sudut aktifitas manusia.

Pertukaran pengetahuan dari satu orang ke orang lain begitu cepat, tanpa mengenal batas ruang dan waktu. Dunia seakan menjadi kampung besar tanpa sekat sehingga memungkinkan setiap orang saling berinteraksi.

Sayangnya, kebebasan berekspresi tidak diimbangi dengan kecerdasan bermedia. Arus informasi yang mengalir menjadi liar ketika menemukan ruang, terutama di media sosial.

Berita-berita yang ditampilkan tidak jarang berisikan isu-isu hoax yang tidak bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya. Parahnya, berita tersebut dishare, disebar ke banyak orang, tanpa mempedulikan efek yang ditimbulkan.

Isu yang berkembang tidak jarang menyinggung persoalan rasial, pelecehan, penistaan agama, dan fitnah kepada pihak lain. Maka bisa dipastikan efek yang ditimbulkan sangat membahayakan, yakni keresahan.

Jika keresahan ini menggunung menjadi ke-chaos-an massal, maka sangat mungkin disintegrasi bangsa akan terjadi. NKRI yang telah diperjuangkan dengan jutaan nyawa, bisa saja terpecah belah hanya karena ujaran kebencian dan berita-berita bohong yang ditebar di dunia maya.

Memang, isu hoax yang hari ini berkembang begitu pesat sungguh telah membuat gaduh kehidupan bangsa. Oleh karenanya perlu kesadaran bersama untuk tetap bersikap bijak dan tetap beretika dalam bermedia.

#IndonesiaDamai

Sumber : Erlangga



from Halo Dunia Network http://ift.tt/2IHoqtJ
via IFTTT

No comments

Powered by Blogger.