Ad Code

Responsive Advertisement

Mitos Candi Prambanan Yang Harus Diketahui Sebelum Berkunjung Kesana

Candi prambanan adalah candi agama hindu termegah dan terbesar se-Indonesia setelah candi borobudur. Dengan gaya arsitek ramping, elegan dan natural, membuat semua mata terpesona melihatnya. Turis manca maupun lokal tiap hari memadati kompleks ini untuk sekedar tamasya atau studi. Dengan kekayaan nilai historisnya, Candi Prambanan telah diakui UNESCO sebagai salah satu keajaiban dunia dan situs warisan dunia.

Candi prambanan terletak di kecamatan Prambanan, Sleman dan Klaten, Jawa Tengah. Pembangunan dimulai pada abad ke 9 masehi oleh kerajaan Rakai Pikatan, sebagai tandingan borobudur sekaligus tanda kejayaan wangsa Sanjaya. Candi Prambanan dibangun untuk memuja 3 dewa agama Hindu yang sangat dihormati yaitu Dewa Siwa, Wisnu dan Brahma. Tiap dewa diwakilkan oleh 3 bangunan candi. Tapi yang paling diutamakan Ialah Dewa Siwa yang lebih tinggi dan lebih besar dari 2 candi yang lain. Tinggi candi utama atau candi siwa 47 meter atau 5 meter lebih tinggi dari candi borobudur.
Dibalik keindahannya dan keagungannya candi ini memiliki misteri dan mitos yang berkembang di masyarakat sekitar kompleks. Apa saja itu, langsung saja kita simak pemaparannya dibawah ini.

1 | Pembangunan Candi Prambanan

prambanan
Ini adalah misteri terbesar mengenai candi ini, masih banyak berita yang simpang siur mengenai kepastian sang pembuat bangunan ini. Menurut legenda masyarakat pembuatnya ialah seorang pangeran dari kerajaan Pengging yaitu Bandung Bondowoso. Beliau dikenal dengan kesaktiannya karena mampu membuat keajaiban yang sangat mustahil dilakukan orang normal. Candi Prambanan sendiri merupakan salah satu mahakaryanya, yang konon dibuat sehari semalam dengan bantuan makhluk gaib. Namun tidak ada satupun relief yang mendukung tentang legenda tersebut.

 

2 | Misteri Cahaya Misterius Arca Dewi Durga

durga
Arca dewi Durga terletak di salah satu ruangan di Candi Utama atau Candi Siwa. Dewi Durga adalah istri dari Dewa Siwa dalam kepercayaan Hindu. Yang paling aneh dalam arca ini adalah fenomena cahaya misterius yang muncul di wajah arca dewi Durga. Cahaya ini muncul tiap malam saat bulan purnama. Menurut masyarakat sekitar, cahaya ini merupakan perwujudan aura Roro Jonggrang. Tiap kali cahaya ini muncul para jomblowan dan jomblowati selalu berebut untuk mendapat pancaran cahaya ini. Menurut mereka cahaya dari arca dewi Durga dapat mempertemukan mereka dengan jodoh secara cepat.

3 | Mitos Putusnya Hubungan Kekasih

Mitos ini dipengaruhi legenda percintaan yang kandas antara Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso. Bandung Bondowoso yang dikenal sangat tulus ditolak mentah – mentah oleh Roro Jonggrang. Padahal si Bandung Bondowoso telah menyanggupi permintaan mustahil sang Roro untuk membuatkan Candi Prambanan dalam semalam. Tetapi Roro Jonggrang malah menghianati janjinya dengan berlaku curang sehingga menggagalkan usaha Bandung Bondowoso. Karena ketahuan ia pun mengutuk Roro Jonggrang menjadi patung dan jadilah pajangan arca dalam candi. Kutukan ini dipercaya ada di dalam candi, siapapun pasangan kekasih yang masuk dalam candi prambanan akan putus beberapa hari kemudian.

 

4 | Misteri Hewan Aneh

kinara kinari
Selain terkenal akan kisahnya, candi Prambanan juga kaya akan relief yang menggambarkan flora dan fauna indonesia. Seperti kakak tua jambul kuning, macan, kucing, anjing, monyet, burung, angsa, rusa, kelinci dan yang paling menyita perhatian adalah hewan kinara – kinari yang mengapit pohon kalpataru. Tidak diketahui secara pasti jenis atau spesies makhluk kinara – kinari. Hewan ini memiliki wujud burung namun dengan kepala manusia. Sangat tidak masuk akal, apakah jaman dulu sudah mengenal manipulasi genetik sehingga menghasilkan makhluk hibrid seperti ini. Mungkinkah ini merupakan karya alien atau hanyalah karya imajinasi terkait ajaran Hindu. Semua masih menjadi misteri.

5 | Mirip Angkor Wat

angkor
Entah bagaimana bisa jarak yang jauh bisa memiliki kemiripan satu sama lain. Angkor Wat merupakan candi Hindu terbesar di dunia yang berada di Kamboja. Jika dilihat sekilas dari kejauhan arsiteknya sangat mirip dengan candi Prambanan. Mungkinkah candi Prambanan terinspirasi dari Angkor Wat ataukah sebaliknya. Tapi faktanya Candi Prambanan lebih dulu dibangun dari pada angkor wat yang baru dibangun pada abad ke 12. Mungkin lalu lintas perdagangan masa lalu memiliki pengaruh dalam hubungan daerah – daerah di Asia Tenggara.
Sumber : misterifaktadanfenomena.com


from Halo Dunia Network https://ift.tt/2vTx8QK
via IFTTT

Post a Comment

2 Comments

  1. DAFTAR GRATIS di IonQQ |dot| COM
    Tunjukkan kemahiran anda bersama jutaan member lainnya di IONQQ 1ID bisa main Pok3r*D0min099*BandarQ*BandarP0ker,,,
    Hanya Bermodal Deposit minimal Rp 20.000,- saja sudah bisa bermain 4 permainan di IONQQ ,,,

    ReplyDelete
  2. DAFTAR GRATIS di IonQQ |dot| COM
    Tunjukkan kemahiran anda bersama jutaan member lainnya di IONQQ 1ID bisa main Pok3r*D0min099*BandarQ*BandarP0ker,,,
    Hanya Bermodal Deposit minimal Rp 20.000,- saja sudah bisa bermain 4 permainan di IONQQ ,,,

    ReplyDelete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)

Close Menu