Ad Code

Responsive Advertisement

Jokowi Tinjau Penggemukan Sapi Swasembada Pangan

img

Halo Dunia,Bogor - Presiden Joko Widodo meninjau industri penggemukan sapi PT KAR yang terletak di Desa Rumpin, Kabupaten Bogor sebagai salah satu upaya untuk mencapai swasembada daging sapi.Presiden meninjau sejumlah fasilitas peternakan serta teknologi inseminasi yang digunakan untuk menghasilkan bibit unggulan.

"Yang kita lihat disini adalah proses di hulu pembibitan sapi potong dalam sebuah program jangka panjang yang kita harapkan nantinya kita betul-betul dapat swasembada daging sapi sendiri," kata Jokowi saat tinjauan,Selasa (21/6/16).

Jokowi juga mendapat penjelasan dari PT Karya Anugerah Rumpin (KAR) bahwa fasilitas tersebut dapat menghasilkan bibit sapi jantan maupun betina dengan kualitas baik dari berbagai jenis sapi antara lain sapi madura, sapi pasundan, dan sapi belgia.

Presiden mengatakan menurut kalkulasi, pemerintah Indonesia dapat menyelesaikan proyek pembibitan sapi unggul dalam waktu 9-10 tahun.

Waktu tersebut akan digunakan untuk menyeleksi indukan sapi yang memiliki performa untuk menghasilkan sperma terbaik guna indukan pembibitan dan menyalurkan ke hilir.

Pemerintah berencana sperma yang dihasilkan melalui industri tersebut dibagikan kepada peternak sapi di seluruh sentra sapi di Indonesia.

"Ya kita ini mempunyai ada 7 lokasi yang sudah ada dan ini menurut saya sangat bagus karena melibatkan ada swastanya, ada peneliti Lipi-nya dan ada Dikti," ujar Presiden yang menambahkan tujuh lokasi itu antara lain di Provinsi Sumatera Barat, Nusa Tenggara Barat, Kota Malang Provinsi Jawa Timur serta Pare-Pare Provinsi Sulawesi Selatan.

Dalam kunjungan tersebut, Presiden didampingi oleh sejumlah pejabat negara antara lain Menteri Ristekdikti Mohamad Nasir, Menteri Pertanian Amran Sulaiman dan Menteri BUMN Rini Soemarno.

"Ya ini kan memang proses panjang, bukan proses instan. Proses panjang dengan konsisten dan terus-menerus saya kira kita akan betul-betul dapat yang namanya tadi swasembada daging," tegas Jokowi.

Pemerintah juga menargetkan dapat meningkatkan jumlah suplai daging sapi untuk menurunkan harga yang meningkat saat bulan Ramadan.

Menurut beberapa pantauan Antara di daerah di Indonesia pada awal Juni, harga daging sapi per kilogram bervariasi mulai dari Rp160 ribu di Kalimantan Barat, Rp120 ribu di Jakarta, dan Rp120 ribu di Palembang.

Sementara harga daging sapi di kawasan sentra sapi nasional di Jawa Timur berada pada sekitar Rp90 ribu per kilogram (WE/red/bhayangkaranews)



from Kopidev News Feed http://ift.tt/28RyO1V
via IFTTT

Post a Comment

0 Comments

Close Menu