Ad Code

Responsive Advertisement

Hargai Diri Sendiri Jika Ingin Dihargai Orang Lain

Kekayaan materi, pendidikan bergengsi, wajah cantik atau tampan mungkin akan menjadikanmu lebih populer disekitarmu namun bukanlah faktor utama yang membuatmu dihargai. Jabatan yang tinggi, berkuasa dan memiliki pengaruh besar belum tentu membuat anda dihargai dan dihormati. Mungkin mereka segan, tapi segan mereka adalah ketakutan bukan segan penghargaan dan rasa hormat.

Pada dasarnya orang akan menghargai kita ketika kita sendiri menghargai diri sendiri dan orang lain. “Siapa menanam benih, dia pula yang akan memanennya”… Siapa yang bisa berlaku hormat dan menghargai sesama maka orang lain juga akan melakukan hal yang sama tanpa anda memintanya. Nah berikut adalah beberapa contoh kecil dan sederhana agar anda dihargai dan dihormati oleh orang lain:

Cara Agar Dihargai Orang Lain

Menghormati dan menghargai orang lain
Seperti yang saya tulis pada poin diatas jika anda ingin orang lain menghormati dan menghargai anda maka lakukan hal yang sama kepada mereka. Penilaian orang lain terhadap anda adalah imbal baik dari perbuatan anda kepada orang lain.

Berkata dan bersikap jujur
Kejujuran adalah pondasi utama yang harus anda lakukan ketika anda membangun hubungan dengan orang lain entah itu hubungan kerja, hubungan persahabatan maupun hubungan emosional dengan lawan jenis. Perkataan dan sikap jujur menumbuhkan kepercayaan orang lain terhadap diri anda. Dengan kepercayaan mereka akan menghargai dan menghormati anda. Kejujuran sangat mahal harganya, sekali anda berbohong akan sangat sulit mendapatkan kepercayaan penuh dari orang yang pernah anda bohongi.

Jaga penampilan bersih dan rapi
Ketika orang lain belum mengenal anda penampilan anda merupakan penilaian awal mereka. Menjaga kebersihan diri, pakaian akan meningkatkan wibawa anda didepan orang lain. Jangan hanya mengikuti “trends /fashion” yang menurut anda kadang menurut anda baik namun bagi orang lain yang melihat penampilan anda justru sebenarnya geli dengan penampilan anda. Berpakaian bersih, nyaman, wangi, berpenampilan baik (penampilan baik tidak melulu memakai pakaian branded) dan pantas maka orang lain akan menghormati dan menghargai anda.

Senyuman
Senyum merupakan keajaiban yang tidak hanya baik bagi anda yang melakukannya namun bagi mereka yang melihat senyum anda. Senyum akan memberikan anda penilaian dari orang lain bahwa anda orang yang terbuka, ramah dan baik. tetapi harus diingat murni tersenyum jangan dibuat buat.

Berlaku sopan dalam perkataan dan perbuatan
Berlaku sopan dalam perkataan dan perbuatan akan memudahkan anda bergaul dan meudahkan anda memasuki lingkungan yang baru dimanapun anda berada.

Percaya diri
Banyak orang akan mengujimu, menyentuh wilayah ketidaknyamananmu. Tidak masalah apa yang mereka katakan, percayalah pada dirimu sendiri dan nilai berhargamu, maka perilaku tidak menghargai orang akan hilang. Cobalah menjadi optimis dan percaya diri. Sangat mudah menilai sisi buruk dari sebuah situasi, tapi jika kita berusaha mengatasi hambatan dan rintangan kita dapat hidup lebih bahagia dan lebih berani di depan orang lain. Temukan cara untuk membantu orang lain maka masalahmu sendiri akan terasa lebih ringan, dan kamu akan merasa lebih baik mengerjakannya. Bagimana anda bisa meyakinkan orang lain untuk menghormati dan menghargai diri anda jika anda sendiri tidak yakin dengan kemampuan diri sendiri.

Berpikir positif
Anda adalah apa yang anda pikirkan. Ketika anda bisa berpikir lebih positif maka secara tidak langsung hal itu akan mempengaruhi perbuatan anda. Orang yang selalu berpikir positif biasanya perbuatan mereka juga akan positif. Ketika anda bisa berpikir dan berlaku positif maka tanpa diminta pun orang lain akan mengargai dan menghormati anda.

Menepati janji
Sangat mudah untuk menjanjikan sesuatu hal kepada orang lain namun sangat sulit untuk menepati janji. Ketika anda ingkar janji atau tidak menepati janji anda kepada orang lain maka orang lain tidak akan menaruh kepercayaan lagi kepada anda.



from Halo Dunia http://ift.tt/2cTAfMB
via IFTTT

Post a Comment

0 Comments

Close Menu