Ad Code

Responsive Advertisement

Detik Unik: Kado Ulang Tahun Unik Buat Temanmu Ini Bakal Buat Persahabatanmu Semakin Awet http://ift.tt/2uvu9OQ

Selain keluarga, sahabat atau teman baik adalah bagian kehidupan yang sulit tergantikan. Bahkan dibandingkan pacar, sahabat bisa setia karena mereka selalu ada buat kamu tanpa ada kata putus. Karena itulah, ketika sahabatmu berulang tahun, pasti kamu ingin memberikan hadiah ulang tahun yang terbaik bagi mereka, bukan?

Karena sudah tahu bagaimana sikap dan kebiasaan mereka, kamu pasti tidak bingung untuk memberikan hadiah ulang tahun. Namun, akan menjadi agak repot kalau kamu memikirkan kado ulang tahun unik seperti apa yang bisa membuatmu sahabatmu merasa terkesan dan semakin akrab denganmu. Ini karena tidak semua kado bagus dapat dikategorikan sebagai kado unik. Kadang kala karena sudah terlalu banyak di pasaran ataupun kurang sesuai dengan kepribadian, kado yang bagus pun menjadi terkesan biasa saja.

Buat kamu yang sedang mencari kado ulang tahun unik bagi sahabat kesayanganmu, tidak perlu pusing-pusing. Memberikannya benda-benda handmade yang unik dan bermanfaat seperti di bawah ini bisa menjadi pilihan tepat buat kamu yang ingin hadiah uniknya tidak mudah dilupakan oleh sahabatnya. Namun yang harus menjadi catatanmu, kado ulang tahun unik untuk cewek dan cowok itu berbeda loh. Oleh karena itu, Qlapa mau memudahkan kalian membedakannya dengan membagi rekomendasi kado ulang tahun ini ke dalam dua kategori berbeda seperti di bawah ini.

Kado Ulang Tahun Unik untuk Sahabat Perempuanmu!

1. Tas Anyam Kulit dari Adib Craft

ide-kado-unik-ulang-tahun-teman-39

Kebanyakan perempuan suka dengan tas seperti handbagtote bagclutch, dan tas khusus wanita lainnya. Selain memang diperlukan untuk alat bawa, tas ini juga selalu menjadi pelengkap penampilan mereka di berbagai kesempatan. Bahkan ketika temanmu sudah punya banyak koleksi tas, satu lagi tas darimu tidak akan pernah salah, apalagi kalau tas yang kamu berikan unik, seperti tas wanita handmade dari Adib Craft ini.

Sebagian tas handmade buatan Adib Craft adalah tas anyaman. Tapi yang dianyam di sini bukan daun pandan, tapi kulit nabati. Selain unik karena desainnya yang tidak biasa, jenis tas yang disediakan oleh Adib Craft juga beragam mulai dari handbag, tas selempang, sampai tote bag. Harganya juga terjangkau, yaitu di rentang Rp 200.000 sampai Rp 395.000 tergantung jenis tas yang kamu pilih. Sebagai alternatif, kamu juga bisa menemukan tas kulit yang dikombinasikan dengan kain etnik di pengrajin ini.

2. Sepatu Wanita Denim dari Divites Belle

 

Sama seperti tas, sepatu juga bisa dibilang benda fashion yang tidak pernah salah. Bagi sebagian wanita tidak ada yang namanya koleksi sepatu yang terlalu banyak. Masing-masing pasti akan mendapat kesempatan yang tepat untuk dipakai dan diperlihatkan ke teman-teman atau orang lain. Tapi kalau kamu mau mencarikan sepatu yang unik untuk temanmu, coba lihat koleksi sepatu wanita handmade dari Divites Belle yang super unik.

Divites Belle memang punya banyak jenis sepatu wanita handmade dengan bahan yang beragam. Tapi dari semuanya, yang benar-benar beda adalah sepatu wanita dengan bahan utama denim. Yup, dengan bahan denim itu, sepatu wanita dari Divites Belle ini punya tekstur serta warna yang khas. Apalagi, beberapa sepatunya juga dipadukan dengan kain batik untuk menambah kesan uniknya. Jenis sepatu wanita berbahan denim yang disediakan juga cukup banyak, mulai dari sepatu hak tinggi, sepatu flatplatform, sampai sepatu boots. Untuk harga, sepasang sepatu wanita denim dari pengrajin ini bisa kamu peroleh dari kisaran harga Rp 250.000 sampai Rp 655.000 tergantung dari model yang kamu pilih.

3. Dompet dan Clutch Unik Etnik dari Alana Indonesia

Masih termasuk barang fashion, kamu juga bisa memberikan dompet ke teman wanitamu. Dompet panjang bisa jadi pilihan bagus karena secara fungsi bisa menyimpan lebih banyak benda, dan sebagian wanita memang lebih suka menggunakan dompet panjang dan dimasukkan ke dalam tas ketika bepergian. Kalau temanmu suka dengan dompet yang unik dan/atau etnik, dompet panjang dari Alana Indonesia bisa jadi pilihan yang tepat untuknya.

Pengrajin asal Bandung ini punya banyak koleksi alat bawa yang memadukan bahan kulit dengan kain etnik Indonesia. Salah satu produk yang dibuat pengrajin ini adalah dompet panjang dengan kain batik atau tenun sebagai bahan utama, yang lalu ditambah dengan liningkulit di bagian pinggir. Jenis dompet panjang yang disediakan Alana Indonesia juga beragam, mulai dari dompet paspor sampai dompet panjang model Venice. Rata-rata harga dompetnya juga cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 235.000.

4. Gelang Batuan Premium dari Pinky Blinky

Batu alam adalah salah satu bahan gelang yang paling menarik, karena selalu tersedia dalam berbagai macam pilihan warna dan juga jenis batu. Jadi, kalau kamu tahu teman wanitamu suka dengan gelang batu, kamu cuma perlu tahu batuan atau warna apa yang ia sukai. Lalu, untuk temanmu, tidak ada salahnya memberikannya gelang batu dengan kualitas premium seperti buatan Pinky Blinky, karena pada akhirnya kamu ingin hadiahmu berkesan untuknya.

Anyway, gelang batu dari Pinky Blinky tersedia dalam pilihan yang sangat banyak. Hampir semua jenis batu alam bisa kamu temukan, mulai dari coral flower, agate, yellow cat, ametis, titanium, sampai kristal swarovsky. Talinya menggunakan senar elastis, dan beberapa model gelang diberi sentuhan berbagai macam charm. Karena menggunakan bahan-bahan berkualitas, jangan heran kalau gelang ini punya harga yang cukup tinggi, yaitu Rp 150.000 sampai Rp 400.000 tergantung dari bahan yang digunakan di model gelangnya.

5. Casing Smartphone Bermotif Cerah dari Pappekid

ide-kado-unik-ulang-tahun-teman-32

Casing smartphone sekarang ini tidak cuma berfungsi sebagai pelindung dari benturan benda keras. Casing juga berfungsi sebagai pembeda di tengah-tengah smartphone lain yang mungkin sama, dan juga mencerminkan gaya dan kepribadian pemiliknya. Kalau kamu memang sudah sangat mengenal teman baikmu, casing motif dari Pappekid ini bisa kamu jadikan hadiah untuknya.

Desain casing buatan dari Pappekid sangat bervariasi, baik dari motif dan juga warna. Tapi masing-masing memperlihatkan kesan yang ceria dan unik. Salah satunya pasti cocok dengan selera temanmu yang berulang tahun. Selain itu, kamu juga bisa memilih jenis casing yang kamu inginkan: hard casesoft caseglossy, atau doff. Dengan Rp 130.000 saja, kamu bisa memesan casing untuk jenis smartphone apa saja untuk dihadiahkan ke teman wanitamu.

6. Scarf Batik dari Inaku

Scarf handmade dengan desain menarik juga dapat menjadi pilihan jitu buat kamu yang bingung mencari kado unik bagi sahabat perempuannya. Dengan memberikan scarf kepada sahabatmu, ia akan mudah mengingatmu ketika memakainya untuk memperkuat gaya fashion-nya ataupun guna menghangatkan lehernya dari udara dingin. Salah satu pengrajin scarf handmade yang karyanya cocok untuk dijadikan kado ulang tahun unik adalah Inaku.

Pengrajin ini membuat scarf berbahan batik yang hangat untuk udara dingin sekaligus modis ketika dipakai untuk mempercantik gaya fashion wanita. Panjang scarf yang mencapai 180 cm dan lebar 55 cm juga membuat scarf ini mudah dikreasikan dalam berbagai bentuk. Tidak hanya itu, syal seharga Rp 95.000 ini pun dapat menyajikan kesan etnik yang gaya dan tidak kuno. Jika sahabatmu senang dengan benda-benda bernuansa etnis, sudah pasti syal dari Inaku dapat menjadi kado ulang tahun unik yang tidak akan terlupakan.

7. Pot Gerabah dari Bella Spina

Gerabah merupakan salah satu kerajinan khas Yoayrkarta yang sudah mendunia. Benda kerajinan yang satu ini pun sangat cocok dijadikan hadiah untuk sahabatmu. Bahkan pada hari ulang tahunnya, memberikan pot gerabah yang disertai bibit tanaman bisa menjadi pilihan kado ulang tahun unik yang berkesan bagi sahabatmu. Sebab dengan memberikan pot gerabah handmade yang sudah diberikan bibit tanaman di dalamnya, sahabat perempuanmu pasti akan berusaha merawatnya dan selalu teringat kepadamu tiap kali melakukan perawatan tanaman tersebut.

Pot gerabah dari Bella Spina bisa menjadi pilihan buatmu yang ingin menghadiahkan sahabat perempuanmu dengan bibit tanaman beserta wadahnya. Model pot gerabah yang beragam dan menarik menjadi alasan pengrajin ini layak menjadi pilihanmu. Harganya pun sangat terjangkau, yakni hanya Rp 25.000-40.000. Namun, itu baru pot gerabahnya saja ya. Kamu harus mencari lagi bibit tanaman yang cocok untuk ditaruh pada pot gerabah dari Bella Spina yang berukuran mini ini. Kaktus bisa menjadi salah satu tanaman yang direkomendasikan sebab perawatannya tidak sulit dan tanamannya juga enak dipandang.

8. Pajangan Kayu Danbo dari Danbo Craft

ide-kado-unik-ulang-tahun-teman-2

Perempuan terkadang lebih mementingkan unsur kelucuan dibandingkan hal-hal lainnya. Sebab itu, memberikan pajangan unik handmade bisa menjadi alternatif buat kamu yang mencari kado ulang tahun unik bagi sahabat perempuanmu. Danbo Craft menyediakan pajangan kayu Danbo yang lucu dan menggemaskan untuk dijadikan hadiah. Yang lebih menyenangkan lagi, pajangan handmade dari pengrajin ini bisa dipesan dengan tulisan yang di-custom sehingga lebih bersifat personal.

Kamu bisa memberikan kata-kata yang lucu dan unik sebagai ucapan ulang tahun bagi sahabat perempuanmu di pajangan dari kayu mahoni ini. Dijamin, sahabatmu akan suka dan memajangnya di kamarnya. Ukuran pajangan yang hanya 10 cm ini juga tidak memakan banyak lahan sehingga sahabat perempuanmu mudah menaruhnya di mana saja. Soal harga, pajangan kayu unik berwajah Danbo ini hanya dibanderol Rp 45.000. Murah, bukan?

9. Make-up Organizer dari Kala Artwork

ide-kado-unik-ulang-tahun-teman-33

Semua wanita pasti punya peralatan make-up. Yang membedakan cuma jumlah make-up yang dimiliki. Ada yang punya sedikit, ada juga yang sangat banyak. Berapapun jumlahnya, alat make-up ini juga perlu tertata rapi di meja rias temanmu agar tidak hilang atau jatuh yang kemudian tumpah atau rusak. Kalamu kamu merasa tas make-up sudah terlalu biasa dijadikan tempat menyimpan alat make-up, coba berikan organizer atau holder dari kayu buatan Kala Artwork ini.

Dibuat dari kayu jati solid, Kala Artwork punya tiga jenis organizer yang berbeda. Ada yang minimalis untuk tempat alat-alat kecil, ada yang berukuran sedang yang bisa dijadikan tempat smartphone, lalu ada juga beauty station lengkap dua tingkat yang bisa menampung lebih banyak lagi. Selain alat make-up miliknya bisa tersimpan rapi, organizer kayu ini bisa dijamin membuat meja rias temanmu terlihat lebih elegan. Harganya juga sangat murah loh, yaitu Rp 135.900 untuk dua organizer ukuran kecil/sedang, dan Rp 211.900 untuk organizer dua tingkat.

10. Hiasan Dinding Custom dari Hyra Creative

ide-kado-unik-ulang-tahun-teman-34

Kalau kamu merasa ucapan ulang tahun atau wejangan ke temanmu tidak cukup disampaikan hanya dengan kata-kata saja, sampaikan juga dalam bentuk tulisan. Lebih bagus lagi, buat ucapan dan harapanmu terpajang di kamarnya sebagai. Karena kalau hiasan dindingnya keren, dia pasti mau memasangnya di diding kamar, apalagi kalau itu dari kamu sebagai temannya.

Hiasan dinding seperti ini bisa kamu buat sendiri. Tapi kalau kamu memang tidak ahli dalam berkreasi, kamu bisa memesannya dari Hyra Creative asal Jogja. Pengrajin ini bisa membantumu membuatkan sebuah hiasan dinding hand lettering berisi ucapan ulang tahun atau pesan untuk temanmu, plus bingkainya. Kerennya lagi, tiap hiasan dinding bisa kamu pesan secara custom seutuhnya, mulai dari isi tulisannya, warna kertas, warna tinta, sampai warna bingkai atau piguranya. Semuanya bisa kamu peroleh dengan harga antara Rp 135.000 sampai Rp 270.000.

Kado Ulang Tahun Unik buat Sahabat Pria? Ini Dia Jawabannya!

1. Flash Disk Kayu dari Doclassworks

ide-kado-unik-ulang-tahun-teman-3

Agak berbeda dengan perempuan, cowok biasanya lebih suka dengan barang-barang multiguna yang bermanfaat bagi kegiatannya. Karena itu, memberikannya kado ulang tahun unik berupa flash disk dijamin akan membuatnya sangat bergembira. Namun jangan sembarang flash disk, kamu bisa memberikan sahabat priamu flash disk kayu yang elegan dan simpel ala Doclasswork yang pastinya terlihat manly jika dibawa oleh sahabat priamu.

Terbuat dari kayu maple dari rosewoodflash disk dari Doclassworks tampak sangat keren dengan serat-serat yang masih tampak jelas. Kado ulang tahun unik  seharga mulai Rp 135.000 ini bahkan bisa dipesan dengan ukiran nama sahabatmu loh sehingga sifatnya lebih personal dan tentunya jadi tidak gampang tertukar.

2. Tas Unik dan Keren dari Brand New Colony

Buat pria, tas itu harus fungsional, tapi tetap keren dan unik, serta tentu saja berkualitas. Karena sama seperti wanita, pria juga ingin tampil keren dengan tasnya, tapi biasanya menggunakannya dalam waktu lama. Nah, kalau kamu mau menghadiahkan tas yang seperti itu ke teman priamu, Brand New Colony punya banyak koleksi tas yang cari.

Brand New Colony punya semua jenis alat bawa dan tas pria handmade yang kamu cari. Mulai dari ransel, tas selempang, duffel bag, tas pinggang, sampai pouch yang cocok untuk pria juga tersedia di pengrajin asal Bandung ini. Sebagian desain tas handamde mereka juga unik, misalnya duffle bag yang bisa diubah jadi tas selempang, atau tas ransel dengan rolltop. Bahan yang digunakan juga bervariasi, ada yang menggunakan kulit, ada yang menggunakan kanvas, lalu ada juga yang menggunakan polyester. Untuk harga, tas handmade buatan Brand New Colony bisa kamu jadikan hadiah untuk temanmu dengan kisaran harga rata-rata Rp 180.000 sampai Rp 310.000 saja.

3. Dompet Kulit dari Southeast

ide-kado-unik-ulang-tahun-teman-30

Buat pria, kulit adalah pilihan utama ketika mencari dompet. Bagaimana tidak, secara kualitas, dompet kulit cukup kuat dan tahan lama sehingga bisa diisi banyak, lalu bisa terus dipakai selama bertahun-tahun tanpa rusak. Secara desain, dompet kulit juga punya tekstur yang khas, dan warnanya biasanya maskulin, sangat cocok untuk pria. Kalau kamu melihat teman priamu perlu dompet baru, saatnya menghadiahkannya satu yang keren, seperti dompet kulit dari Southeast.

Semua dompet buatan Southeast terbuat dari kulit asli dengan jahitan tangan yang rapi, jadi tidak ada yang perlu diragukan kalau soal kualitas. Selain itu, semua warna dompet kulit dari pengrajin asal Bandung ini juga “cowok banget”: dengan warna gelap atau warna coklat khas kulit. Dan selain menjual dompet pendek, Southeast juga punya dompet kulit panjang dengan desain dan warna yang juga tetap cocok digunakan pria. Dengan kualitas seperti itu, tidak heran kalau dompet buatan Southeast dihargai Rp 425.000 untuk dompet kecil, dan sekitar Rp 700.000 untuk dompet panjang. Sekali dijadikan hadiah, dompet ini akan terus dipakai oleh temanmu selama bertahun-tahun.

4. Lampu Meja dari Widusaka Woodmate

Lampu hias yang cocok ditaruh di meja bisa menjadi kado unik yang akan terus diingat oleh sahabatmu. Bagaimana tidak, dengan memberikannya lampus hias untuk ditaruh di meja kerja maupun belajarnya, sahabatmu itu akan selalu mengingatmu setiap kali mengerjakan sesuatu hingga larut. Nah, lampu meja ala Widusaka Woodmate bisa menjadi pilihan menarik buat kamu yang ingin memberi sahabatmu kado ulang tahun unik berupa lampu hias.

Bergaya futuristik, lampu-lampu dari pengrajin asal Yogyakarta ini dijamin membuat sahabatmu jatuh cinta. Lampu dari Widusaka pun tidak cepat rusak karena dibuat dari kayu jati Belanda yang dikenal kuat. Dengan mengeluarkan dana Rp 200.000, kamu juga bisa memilih berbagai model dan desain lampu meja yang menarik dari pengrajin yang satu ini.

5. Jam Daur Ulang dari Tatagi

ide-kado-unik-ulang-tahun-teman-19

Agar sahabatmu tidak menjadi orang yang jam karet, kamu bisa loh memberikan jam meja unik sebagai hadiah ulang tahunnya. Supaya lebih menarik, kamu bisa mencari jam berdesain unik seperti yang Tatagi buat. Pengrajin asal Jakarta Timur ini jagonya membuat jam meja berbentuk orang yang siap nangkring di meja kerja sahabatmu. Namun bukan hanya itu yang membuat jam meja dari Tatagi dapat menjadi kado ulang tahun unik, melainkan juga pengrajin lokal ini ternyata membuat produknya dari bahan-bahan bekas.

Kamu tidak akan menyangka jam meja dari Tatagi merupakan jam daur ulang yang memanfaatkan limbah keping DVD dan botol bekas. Ini karena modelnya begitu lucu dan pengerjaannya begitu rapi sehingga tampak seperti barang baru. Soal harganya pun terbilang murah. Kado ulang tahun unik ini bisa kamu beli hanya dengan harga Rp 65.000.

6. Gelang Kulit Custom dari Paulsolemates

 

Selain jam tangan, sebagian pria juga suka loh menggunakan gelang. Tapi gelang yang digunakan tentu saja berbeda dengan wanita. Kalau wanita suka dan mungkin lebih cocok dengan gelang manik-manik, pria lebih suka dengan gelang kulit karena bisa mencerminkan kesan maskulin berkat warnanya. Di luar sana ada banyak gelang kulit yang bisa kamu pilih. Tapi kalau kamu mau yang cocok dijadikan hadiah, gelang kulit dari Paulsolemates adalah salah satu pilihan yang bagus.

Dengan material premium cowhide, pengrajin ini punya gelang kulit asli dengan desainnya unik dan bisa kamu pesan dengan grafir nama secara custom. Jadi, kamu bisa memesan gelang kulit dengan grafir nama temanmu di permukaannya. Dijamin hadiah darimu akan lebih berkesan. Untuk harga, gelang custom dari Paulsolemates dihargai Rp 79.000.

7. Sepatu Lari dari Footstep Footwear

ide-kado-unik-ulang-tahun-teman-6

Lari kini sudah menjadi tren, bukan sekadar lagi olahraga. Siapa tahu juga, sahabat laki-lakimu adalah contoh orang yang menggandrungi olahraga sampai selalu ikut ajang lomba lari dari 5K sampai half marathon. Jika memang iya, memberikannya sepatu lari sebagai kado ulang tahun unik baginya bisa sangat berkesan loh!

Mungkin kamu berpikir sepatu lari harganya bisa selangit, namun tidak begitu dengan koleksi sepatu lari dari Footstep Footwear. Pengrajin dari Bandung ini hanya mematok harga Rp 270.000 untuk tiap pasang sepatu larinya. Meskipun harganya terjangkau, kualitas sepatu dari Footstep Footwear tidak perlu diragukan. Sol karetnya membuat sepatu ini nyaman untuk berlari. Balutan nubuck dan mesh dari sepatu lari ini juga membuat kaki pemakainya terasa nyaman dan ringan. Yang tidak kalah penting, kado ulang tahun unik yang satu ini berdesain trendi sehingga bisa membuat sahabatmu semakin keren saat berlari.

8. Casing Smartphone Kayu Custom dari Bescase

ide-kado-unik-ulang-tahun-teman-37

Sama seperti wanita, pria juga perlu casing untuk melindungi smartphone dari benturan keras, sekaligus tampil beda dan mencerminkan kepribadian atau ciri khasnya. Tapi pilihan casingyang cocok tentu saja berbeda. Salah satu yang paling cocok adalah casing kayu, dengan tekstur permukaannya yang unik dan alami seperti yang dibuat oleh Bescase.

Bagian belakang casing buatan Bescase menggunakan kayu solid yang diberi ukiran gambar atau tulisan yang rapi. Tapi yang membuatnya unik, kamu bisa memesan casing ini dengan gambar atau tulisan yang kamu inginkan secara custom. Jadi dengan Rp 200.000 saja, kamu bisa memesancasing kayu dengan gambar yang identik dengan teman priamu, misal wajahnya, nama, atau apapun yang kamu inginkan.

9. Ikat Pinggang Stylish dari Fonbelt

ide-kado-unik-ulang-tahun-teman-5

Kamu tentu ingin penampilan sahabat laki-lakimu semakin stylish dan keren dong? Tidak perlu repot-repot sebab dengan hanya memberikan sabuk dari Fonbelt, gaya sahabatmu bisa maksimal, tanpa terkesan tua. Tentunya sabuk kanvas semacam ini dapat menjadi alternatif kado ulang tahun unik buat kamu yang masih bingung.

Fonbelt memang fokus membuat berbagai sabuk stylish dengan aneka warna. Keragaman warna-warna pada sabuk ini pulalah yang bisa membuat pemakainya tampak fresh dan trendi. Kamu bisa memilih warna sabuk sesuai dengan warnaq favorit sahabatmu. Soal harganya sendiri pun cukup terjangkau, yakni mulai Rp 49.000 sampai Rp 149.000, bergantung dari bahan yang dan model yang kamu pilih. Untuk bahannya sendiri, Fonblet menyediakan sabuk dari bahan kanvas, polyester, sampai kulit sintetis.

10. Cangkir/Mug Kece dari Kupu Keramik

ide-kado-unik-ulang-tahun-teman-14

Kalau punya sahabat laki-laki yang doyan minum kopi, kamu bisa loh memberikan kado ulang tahun unik berupa cangkir kece. Dijamin, dia pasti suka kado darimu tersebut. Dijamin pula, setiap dia minum kopi dari cangkir yang kamu berikan, dia akan teringat indahnya persahabat kalian.

Kamu bisa menemukan cangkir handmade yang kece untuk hadiah kepada sahabatmu itu di Kupu Keramik. Di pengrajin lokal ini, kamu bisa mendapati cangkir berbahan keramik yang kuat serta dengan desain yang unik. Desain uniknya tersebut diperoleh dari teknik pewarnaan yang dilakukan oleh pengrajin asal Bandung ini. Berukuran tinggi 8,5cm dan tinggi 8cm, cangkir handmade seharga Rp 100.000 ini pas banget dijadikan wadah untuk ngopi pagi maupun sore.

Sekarang tidak bingung lagi dong menentukan kado ulang tahun unik buat sahabatmu? Kamu sebenarnya juga tidak perlu takut salah memberikan kado ke sahabat sebab baginya, kado darimu pasti akan selalu berkesan. Jadi apa pun pilihanmu, dia pasti menyukainya!



from DETIK INDONESIA NEWS http://ift.tt/2uvu9OQ
via IFTTT

Post a Comment

0 Comments

Close Menu