Mencegah Pungutan Liar, Polres Tuban Bentuk Tim Satgas Saber Pungli

Dibentuknya Tim satuan tugas sapu bersih pungutan liar (Satgas Saber Pungli) oleh presiden Joko Widodo per 21 Oktober 2016 didukung sepenuhnya oleh Polres Tuban dalam memberantas pungutan liar. Gerakan tersebut telah dicanangkan dalam peraturan Presiden nomor 87 tahun 2016 .

“Permasalahan pungli itu tidak bisa dilakukan secara parsial, tapi harus secara komperhensif yang melibatkan semua elemen masyarakat. Karena pungli yang terjadi tidak hanya di tingkat atas tapi tingkat desa, dan kami harus menindaklanjuti,” terang  Kapolres Tuban, AKBP Fadly Samad, Senin (31/01/2016).

Masih terang Kapolres, dibentuknya Satgas Saber Pungli tersebut harus mendapat dukungan dari semua pihak dan dalam pemerintah maupun para aparat harus bisa melaksanakn amanah yang diberikan agar tidak ada penyimpangan yang terjadi.

“Dan saat ini banyak keluhan masyarakat bahwa pungli sudah tersebar dimana saja, di instansi, dimsyarakat sudah banyak ditemukan, sehingga masyarakat dalam hal ini harus bisa mewujukan satu program pemulihan dalam reformasi hukum,” paparnya.

Dalam intruksi Presiden Jokowi, dalam hal ini polisi sebagai ujung tombak untuk melaksanakan Satgas Saber Pungli, menanggapi hal tersebut, Fadly samad menjelaskan, pihaknya meminta semua lembaga harus melibatkan sumberdaya yang ada disetiap lembaga, mengingat gerakan Saber Pungli ini merata disetiap wilayah.

Dikatkan oleh Fadly, penindakan Saber Pungli ini dibagi menjadi 4 yaitu, intelegen, pencegahan, penindakan dan Yustisi. “kalau intelegen, semua mayarakat harus memberikan informasi pada intelegensy, kedua dibagian pencegahan yang mana harus  melibatkan seluruh masyrakat juga, kemudain penindakan, penindakan disini yang dikedepankan polisi, karena polisi sebagai penyidik, dan Yustisi ini nanti bisa  kita arahkan ke arah pidana, atau pelanggaran administarsi yang natinya kita serahkan ke mising-masing  lembaga sesuai kode etiknya.

AKBP Fadly Samad menambahkan, sebagai bentuk keseriusan untuk meningkatkan pelayanan masyarakat,  , Polres Tuban telah membuat apliksi Siaga Bumi Wali (SIBI) yang berbasis IT  sebagai pelayanan untuk mempermudah masyarakat mengurangi pungli liar.

“Salah satu kegiatan kami adalah tilang on line, dan er sim, pengurusan sim secara online, jadi nantinya  penyerahan uang tidak ke loket-loket tapi akan melalui Bank agar meminimalisir adanya pungli liar tersebut,” tutupnya.

The post Mencegah Pungutan Liar, Polres Tuban Bentuk Tim Satgas Saber Pungli appeared first on Halo Dunia.



from Halo Dunia http://ift.tt/2fzNeIJ
via IFTTT

Comments