Header Ads

Detik Health: Para Petugas Kesehatan Di Stasiun Pasar Senen Sigap Melayani Pemudik http://ift.tt/2snqalG

Meningkatnya volume pemudik di Stasiun Pasar Senen lima hari menjelang hari raya Idul Fitri, membuat para petugas bekerja lebih ekstra. Salah satunya petugas kesehatan yang sigap menangani pemudik yang merasa tidak sehat.

Salah satu pemudik yang merasa sakit sebelum berangkat adalah Ratem (60) yang akan mudik menuju Jatibarang, Indramayu. Saat ditemui detikHealth, Selasa (20/6/2017) Ratem tengah diarahkan menuju pos kesehatan Stasiun Pasar Senen oleh petugas medis menggunakan kursi roda.

“Tiba-tiba nyesek, enggak bisa jalan. Terus ada yang nyamperin disuruh pakai kursi roda,” ujarnya.

Ratem yang mudik seorang diri mengaku sudah membawa obat-obatan pribadinya, namun belum diminum karena obatnya menimbulkan efek sering buang air kecil.

Setelah diperiksa oleh petugas kesehatan, ternyata tekanan darahnya meningkat. “Tekanan darahnya 180/100 Bu, tinggi ya. Habis ini diminum ya obatnya,” suruh salah satu petugas kesehatan di pos kesehatan.

Menurut petugas kesehatan Stasiun Pasar Senen, Riski, keluhan yang biasanya dialami oleh para pemudik yaitu adalah sakit mag, pusing dan lemas.

Untuk menangani keluhan-keluhan tersebut, pos kesehatan menyiapkan obat-obatan darurat. “Untuk alat-alat seperti oksigen, nebuliser, dan pemeriksaan laboratorium sederhana kita juga ada, jadi kalau sewaktu-waktu butuh penanganan bisa langsung dilakukan,” ujarnya kepada detikHealth.

Riski menyarankan kepada para pemudik untuk menjaga kondisi tubuhnya dan mengatur pola nutrisi yang dikonsumsi sebelum dan selama mudik. Karena jika kesehatan terganggu maka mudik juga akan terganggu.



from DETIK NEWS http://ift.tt/2snqalG
via IFTTT

No comments

Powered by Blogger.