Ad Code

Responsive Advertisement

Biografi Penemu HardDisk Komputer

Reynold B. Johnson adalah penemu hard disk komputer kelahiran negara bagian Minnesota, Amerika Serikat pada tahun 1906. Reynold merupakan seorang penemu yang mendapatkan julukan “ father of disk drive”.

1

Sebenarnya selama masa kecil hingga remaja, Reynold B. Johnson jauh dari dunia yang melibatkan komputer. Karena Reynold fokus untuk menghabiskan masa sekolahnya. Baru kemudian Reynold melanjutkan studinya dengan kuliah di University of Minnesota dengan mengambil jurusan administrasi pendidikan.

Setelah berhasil menuntaskan gelar sarjananya pada tahun 1929, Johnson memutuskan untuk mengajar di sekolah menengah yang berlokasi di Ironwood, Michigan. Reynold menjadi guru IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) dan Matematika pada sekolah tersebut. Sekuat tenaga seorang Johnson berusaha mencari berbagai macam cara agar matematika dengan berbagai rumus yang menjadikan setiap siswa pusing dapat lebih mudah untuk dimengerti.

Johnson pernah membimbing dua siswa yang tertangkap mencuri radio sekolah dan dijatuhi sebuah hukuman. Johnson mengubah hukuman yang diberikan tersebut menjadi sesuatu yang bermanfaat. Setiap hari Reynold terus membimbing keduanya melakukan eksperimen. Sampai dengan akhir masa hukuman kedua murid tersebut sukses dalam menciptakan alat yang berguna untuk memeriksa hasil lembar ujian dengan menggunakan sistem pilihan ganda atau multiple choice.

Meskipun lihai dalam mendidik murid, karir Johnson dalam mendidik gagal di tengah jalan. Johnson justru dipecat setelah empat tahun mengajar. Peristiwa ini bukan hanya mengubah hidup Reynold B. Johnson, namun sekaligus mengubah sejarah sistem penyimpanan data.

Karena Johnson berusaha memanfaatkan waktu luangnya guna mematangkan mesin pemeriksa ujian pilihan ganda tadi. Untuk hasilnya dihadang beberapa perusahaan, termasuk IBM. Pada akhirnya hanya satu tahun menjadi seorang pengangguran, di tahun 1934 Reynold B. Johnson sudah diangkat menjadi engineer di IBM.

Episode selanjutnya dari karir seorang Johnson berawal ketika para petinggi IBM mulai menyadari adanya kebutuhan akan sistem penyimpanan data yang akan meningkat pesat. Oleh karena itulah di tahun 1952, perusahaan tersebut mengirim Johnson ke San Jose, California guna membentuk suatu tim yang diberikan tugas berat.

Mereka harus mencari sistem penyimpanan data yang handal serta cepat. Di tempat barunya itu Johnson melanjutkan sebuah penelitian yang sebelumnya telah dimulai tim riset IBM di Columbia. Dimana salah satunya merupakan penyimpanan Random Access Memory atau RAM. Sistem ini sendiri sangat memungkinkan para pengguna untuk mengakses sekaligus juga mencari data dengan lebih cepat.

Di masa itu, umumnya data disimpan pada kartu plong ataupun pita magnetik. Cara satu ini dinilai sangat rumit karena membutuhkan waktu selama bermenit-menit untuk mencari daya yang sedang dibutuhkan.

Pada awalnya, Johnson yang saat itu dibantu oleh 15 stafnya semakin memusatkan diri dalam pengembangan sistem penyimpanan yang memiliki bentuk silinder atau rotating drum. Pada masa itu juga media penyimpanan dengan model seperti ini sedang luas dikembangkan.

Karir Johnson terus berlanjut hingga akhirnya memutuskan bekerja sama dengan pihak Sony dalam mengembangkan teknologi penyimpanan video dengan kemampuan memuat data 2 kali lipat lebih besar dibanding dengan pita video normal kala itu. Penemuan tersebut adalah cikal bakal dari suatu sistem teknologi Video Camera Recorder.

Atas jasa-jasanya, di tahun 1986 Johnson mendapatkan banyak penghargaan yang salah satunya adalah National Medal of Science yang diberikan Presiden Amerika Serikat, Ronald Reagan. 15 September 1998 Johnson tutup usia dan meninggalkan warisan untuk warga seluruh dunia berupa Hard Disk Drive.

Fakta Faktanya :

  1. Mulanya IBM sempat menolak konsep mesin pemeriksa lembar ujian karya Johnson. Tapi di belakang hari, perusahaan itu melihat potensi bisnis mesin tersebut dan merekrutnya sebagai karyawan.
  2. Mesin ciptaan Johnson itu diakui oleh pemerintah Amerika Serikat sangat membantu mereka dalam menempatkan banyak orang dalam berbagai jabatan yang tepat.
  3. Johnson merupakan salah satu penemu yang paling produktif di IBM. Ia juga banyak berkontribusi di bidang pembacaan data dari kartu plong (punch card).
  4. Johnson memiliki tak kurang dari 90 temuan yang telah ia patenkan selama karirnya. Artinya, selama hidupnya, rata-rata Johnson membuat sebuah penemuan baru dalam satu tahun.
  5. Pada 1971, American Society of Mechanical Engineers (ASME) menganugerahkan Johnson penghargaan Machine Design Award.
  6. Tahun 1992, organisasi profesi insinyur elektro sedunia, IEEE, mengabadikan nama Johnson pada satu kategori penghargaan khusus untuk pengembangan teknologi penyimpanan data (Reynold B Johnson Award).
  7. Lab kecil Johnson di pinggiran San Jose, kini sudah membengkak menjadi sebuah instalasi raksasa seluas 144 hektar, dengan lebih dari enam ribu orang berkutat di dalamnya. San Jose kini juga telah berubah menjadi pusat pengembangan cakram keras.
  8. Teknologi micronograph yang dikembangkan Johnson, digunakan oleh perusahaan mainan Fisher’s Price pada mainan “Talk to Me Books”, di mana, anak-anak bisa menggunakan alat penunjuk gambar atau kata, untuk mendengarkan cerita. Belakangan, alat ini mendapat penghargaan “Toy of the Year”.
  9. Tahun 1998 Johnson meninggal karena penyakit Melanoma (kanker kulit).
  10. Di akhir hayatnya, Johnson masih tetap penuh ide dan inovasi. Saat meninggal ia masih mengerjakan proyek kodifikasi karakter Cina yang belum rampung.


from Halo Dunia http://ift.tt/2cO0OFW
via IFTTT

Post a Comment

0 Comments

Close Menu