Ad Code

Responsive Advertisement

DPR RI Bentuk Panitia Kerja Usut Kartu BPJS Palsu

img

Halo Dunia,Bandung – Belum juga tuntas pemerintah menangani kasus Vaksin palsu,kini masyarakat di tanah air sudah digemparkan lagi dengan adanya kasus kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari BPJS Kesehatan asli tapi palsu (aspal).

Kasus kartu BPJS aspal telah ditemukan disalah satu rumah sakit Kabupaten Bandung Jawa Barat. Kartu Jaminan Kesehatan palsu tersebut ditemukan setelah ada salah satu warga masyarakat yang hendak berobat di rumah sakit Cimahi

Direktur Utama Rumah Sakit Cibabat Cimahi,R.Nugrahadi menjelaskan kartu BPJS palsu tersebut memang tidak nampak palsu.Bahkan persis seperti kartu BPJS yang asli,hanya saja nomor dan kode batang yang terdapat pada kaertu tersebut tidak dapat terbaca oleh sistem.

“Kartu memang nampak asli,tetapi nomor dan barcode nya tidak dapat terbaca oleh sistem,sehingga pasien tidak dapat melakukan pembayaran,”jelas Nugrahadi,Selasa (2/8/16).

Beredarnya kartu BPJS aspal ini menarik perhatian Dewan Perwakilan Rakyat RI di Jakarta. Anggota komisi IX DPR RI,Oky Asokawati mengaku kecewa dengan kinerja Direksi BPJS Kesehatan yang dinilai minim dan kurang sosialisasi.

Direksi BPJS seharusnya turun ke lapangan langsung untuk mensosialisasikan kepada masyarakat  hingga semaksimal mungkin,agar masyarakat benar-benar mengerti bagaimana cara mengurus kartu Jaminan Kesehatan tersebut dengan benar dan tidak mendapat kartu asli tapi palsu.

DPR kini telah membentuk panitia kerja (Panja) untuk mengusut tuntas adanya kartu BPJS palsu dan siapa saja yang terlibat di dalamnya serta membantu pengawasan dalam penanganan BPJS.Hal ini diungkapkan oleh Anggota Komisi IX DPR RI,Oky Asokawati di Jakarta,Senin (1/8/16).

“Kami juga akan memberikan usulan berupa solusi kepada Presiden Jokowi terkait penanganan kasus beredarnya kartu BPJS palsu dan tinggal menunggu keputusan beliau,”jelas Oky.

Sementara itu Kepala Departement Informasi dan Komunikasi Antar Lembaga BPJS Kesehatan  Pusat, Irvan B menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat,namun masih ada kekurangan.

BPJS telah memiliki sistem berbasis teknologi yang dapat diunduh melalui internet. Masyarakat juga dapat mencari tau dengan membuka situs resmi BPJS Kesehatan tersebut.

Mungkin BPJS dapat berkilah dengan alasan apapun,namun pada kenyataanya ribuan masyarakat masih mendapat kartu Jaminan Kesehatan Nasional tersebut bukan asli tapi palsu. (Dw-1)



from Kopidev News Feed http://ift.tt/2asbSr8
via IFTTT

Post a Comment

0 Comments

Close Menu